Kelas VIII
Alokasi waktu:
5 jam pelajaran/minggu
Kompetensi Sikap
Spiritual dan Kompetensi Sikap Sosial dicapai melalui pembelajaran tidak
langsung (indirect teaching) pada
pembelajaran Kompetensi Pengetahuan dan Kompetensi Keterampilan melalui keteladanan,
pembiasaan, dan budaya sekolah dengan memperhatikan karakteristik mata
pelajaran, serta kebutuhan dan kondisi peserta didik.
Penumbuhan dan
pengembangan kompetensi sikap dilakukan sepanjang proses pembelajaran berlangsung, dan dapat
digunakan sebagai pertimbangan guru dalam mengembangkan karakter peserta didik
lebih lanjut.
Pembelajaran untuk Kompetensi Pengetahuan dan Kompetensi
Keterampilan sebagai berikut ini.
|
Kompetensi Dasar
|
Materi Pembelajaran
|
Kegiatan Pembelajaran
|
|
3.1 Menentukan pola pada barisan bilangan dan
barisan konfigurasi objek
4.1 Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan
pola pada barisan bilangan dan barisan konfigurasi objek
|
Pola Bilangan
· Pola
bilangan
· Pola
konfigurasi objek
|
· Mencermati
konteks yang terkait pola bilangan. Misal: penataan nomor alamat rumah,
penataan nomor ruangan, penataan nomor kursi, dan lain-lain.
·
Mencermati konfigurasi objek yang berkaitan dengan pola
bilangan. Misal: konfigurasi lingkaran atau batang korek api berbentuk pola segitiga
atau segi empat.
·
Mencermati keterkaitan
antar suku-suku pola bilangan atau bentuk-bentuk pada
konfigurasi objek
·
Melakukan eksperimen untuk
menggeneralisasi pola bilangan atau konfigurasi objek
·
Menyajikanhasil pembelajaran tentang pola bilangan
·
Memecahkan masalah yang berkaitan
dengan pola bilangan
|
|
3.2 Menjelaskan kedudukan titik dalam bidang
koordinat Kartesius yang dihubungkan dengan masalah kontekstual
4.2 Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan
kedudukan titik dalam bidang koordinat Kartesius
|
Bidang Kartesius
· Bidang
Kartesius
· Koordinat suatu titik pada koordinat Kartesius
· Posisi titik terhadap titik lain pada koordinat
Kartesius
|
·
Mencermati letak suatu tempat atau benda pada denah. Misal: denah
sekolah, denah rumah sakit, denah kota
·
Mengumpulkan informasi
tentang kedudukan titik terhadap titik asal (0, 0) dan selain titik asal pada bidang koordinat Kartesius
·
Menyajikanhasil pembelajaran tentang koordinat Kartesius
·
Menyelesaikan masalah tentang
bidang koordinat Kartesius
|






0 komentar:
Posting Komentar