Selasa, 02 Juni 2020

Silabus Matematika Kelas VIII


Kelas VIII

Alokasi waktu: 5 jam pelajaran/minggu

Kompetensi Sikap Spiritual dan Kompetensi Sikap Sosial dicapai melalui pembelajaran tidak langsung (indirect teaching) pada pembelajaran Kompetensi Pengetahuan dan Kompetensi Keterampilan melalui keteladanan, pembiasaan, dan budaya sekolah dengan memperhatikan karakteristik mata pelajaran, serta kebutuhan dan kondisi peserta didik.

Penumbuhan dan pengembangan kompetensi sikap dilakukan sepanjang  proses pembelajaran berlangsung, dan dapat digunakan sebagai pertimbangan guru dalam mengembangkan karakter peserta didik lebih lanjut.
Pembelajaran untuk Kompetensi Pengetahuan dan Kompetensi Keterampilan sebagai berikut ini.

Kompetensi Dasar
Materi Pembelajaran
Kegiatan Pembelajaran
3.1  Menentukan pola pada barisan bilangan dan barisan konfigurasi objek

4.1  Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan pola pada barisan bilangan dan barisan konfigurasi objek
Pola Bilangan
·      Pola bilangan
·      Pola konfigurasi objek
·      Mencermati konteks yang terkait pola bilangan. Misal: penataan nomor alamat rumah, penataan nomor ruangan, penataan nomor kursi, dan lain-lain.
·      Mencermati konfigurasi objek yang berkaitan dengan pola bilangan. Misal: konfigurasi lingkaran atau  batang korek api berbentuk pola segitiga atau segi empat.
·      Mencermati keterkaitan antar suku-suku pola bilangan atau bentuk-bentuk pada konfigurasi objek
·      Melakukan eksperimen untuk menggeneralisasi pola bilangan atau konfigurasi objek
·      Menyajikanhasil pembelajaran tentang pola bilangan
·      Memecahkan masalah yang berkaitan dengan pola bilangan
3.2  Menjelaskan kedudukan titik dalam bidang koordinat Kartesius yang dihubungkan dengan masalah kontekstual

4.2  Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan kedudukan titik dalam bidang koordinat Kartesius
Bidang Kartesius
·      Bidang Kartesius
·      Koordinat suatu titik pada koordinat Kartesius
·      Posisi titik terhadap titik lain pada koordinat Kartesius
·      Mencermati letak suatu tempat atau benda pada denah. Misal: denah sekolah, denah rumah sakit, denah kota
·      Mengumpulkan informasi tentang kedudukan titik terhadap titik asal (0, 0) dan selain titik asal pada bidang koordinat Kartesius
·            Menyajikanhasil pembelajaran tentang koordinat Kartesius
·      Menyelesaikan masalah tentang bidang koordinat Kartesius

0 komentar:

Posting Komentar

PENILAIAN TENGAH SEMESTER GANJIL MATA PELAJARAN MATEMATIKA KELAS 9 TAHUN PELAJARAN 2021/2022

 Kerjakan Soal Berikut dengn Cermat !