Selasa, 02 Juni 2020

RPP Bangun Ruang Sisi Lengkung


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN


Nama Sekolah             : UPTD SMP Negeri 1 Konang
Mata Pelajaran            : Matematika
Kelas/Semester            : IX/2
Materi Pokok               : 5.1 Tabung
Alokasi Waktu            : 5 x 40 menit (2 pertemuan)

A.    Kompetensi Inti
KI-1.   Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya.
KI-2. Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya.
KI-3. Memahami dan menerapkan pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata.
KI-4. Mengolah, menyaji, dan menalar dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori.

B.     Kompetensi Dasar dan Indikator Pencapaian Kompetensi
Kompetensi Dasar:
3.7 Membuat generalisasi luas permukaan dan volume bangun ruang sisi lengkung (tabung, kerucut dan bola).
4.7 Menyelesaikan masalah kontekstual yang berkaitan dengan luas permukaan dan volume bangun ruang sisi lengkung (tabung, kerucut, dan bola) serta gabungan beberapa bangun ruang sisi lengkung.
Indikator Pencapaian Kompetensi:
Pertemuan 1
3.7.1 Mengetahui definisi tabung.
3.7.2 Mengetahui jarring-jaring tabung.
3.7.3 Menentukan rumus permukaan tabung
4.7.1 Menentukan luas permukaan suatu tabung.
4.7.3 Menyelesaikan masalah sehari-hari berdasarkan hasil pengamatan yang terkait dengan luas permukaan tabung.
Pertemuan 2
3.7.4 Menentukan rumus volume tabung.
4.7.2 Menentukan volume suatu tabung
4.7.3 Menyelesaikan masalah sehari-hari berdasarkan hasil pengamatan yang terkait dengan volume tabung.

C.  Nilai Karakter
Mandiri, percaya diri, kejujuran, tanggungjawab, kerjasama

D.  Tujuan Pembelajaran
Setelah mempelajari materi ini, melalui pembelajaran problem posing siswa diharapkan dapat:
Pertemuan 1
3.7.1 Mengetahui definisi tabung dan dapat memberikan contoh beberapa benda yang berbentuk tabung.
3.7.2 Mengetahui jaring-jaring tabung.
3.7.3 Menentukan rumus permukaan tabung
4.7.1 Menentukan luas permukaan suatu tabung.
4.7.3 Menyelesaikan masalah sehari-hari berdasarkan hasil pengamatan yang terkait dengan luas permukaan tabung.
Pertemuan 2
3.7.4 Menentukan rumus volume tabung.
4.7.2 Menentukan volume suatu tabung
4.7.3 Menyelesaikan masalah sehari-hari berdasarkan hasil pengamatan yang terkait dengan volume tabung.

E.   Materi Pembelajaran:
Pertemuan ke
Materi
Jam Pelajaran
1
Tabung
- Memahami definisi tabung
- Mengetahui jaring-jaring tabung
- Mengetahui dan memahami rumus luas permukaan tabung.
3 x 40 menit
2
- Mengetahui dan memahami rumus volume tabung
- Latihan soal
2 x 40 menit

F.   Metode Pembelajaran
Pendekatan Pembelajaran            : Scientific Learning
Model Pembelajaran                    : Problem posing
Metode Pembelajaran                  : Ceramah, tanya jawab, diskusi, presentasi, dan penugasan

G.   Media Pembelajaran
Kaleng susu, Model jaring-jaring tabung,  penggaris

H.   Sumber Belajar
1.      Kemendikbud Republik Indonesia. 2018. Buku Guru Matematika SMP/MTs Kelas IX. Jakarta: Pusat Kurikulum dan Perbukuan, Balitbang, Kemendikbud. Hal. 403 - 419
2.      Kemendikbud Republik Indonesia. 2018. Matematika SMP/MTs Kelas IX. Jakarta: Pusat Kurikulum dan Perbukuan, Balitbang, Kemendikbud. Hal. 269- 283

I.   Langkah-langkah Pembelajaran
Pertemuan 1 (3 JP)
Pendahuluan
1.         Guru mengucapkan salam kemudian berdoa dipimpin oleh guru.
2.         Guru mengecek kehadiran siswa. Bila ada siswa yang sakit didoakan supaya lekas sembuh, dan mengajak siswa bersama mensyukuri nikmat Tuhan berupa kesehatan dan lain-lain.
3.         Guru menginformasikan tujuan yang akan dicapai selama pembelajaran yaitu:
a.       Menuliskan definisi tabung,
b.      Membuat jaring-jaring tabung,
c.       Menemukan rumus luas permukaan tabung,
d.      Menghitung luas permukaan suatu tabung,
e.       Menyelesaikan masalah sehari-hari yang berkaitan dengan penerapan konsep luas permukaan tabung
4.         Guru menjelaskan kegiatan pembelajaran yang akan dilaksanakan pada hari ini yaitu dengan model pembelajaran problem posing.
5.         Guru menjelaskan manfaat mempelajari materi tabung  melalui tanya jawab tentang peristiwa sehari-hari yang berkaitan dengan materi ini, yaitu:
Guru menunjukkan sebuah kaleng susu kepada siswa. Guru memberi pertanyaan kepada siswa, seperti: Tahukah kamu luas seng yang diperlkan untuk membuat kaleng susu itu? Bagaimana kamu menghitung luas permukaan kaleng susu itu?
6.         Guru menyampaikan bahwa masalah-masalah tersebut dapat diselesaikan dengan materi tabung yang akan dipelajari pada bab ini.
Inti
1.      Guru melalui tanya jawab menjelaskan pengertian tabung dan meminta siswa menyebutkan benda-benda yang berbentuk tabung.
2.      Guru melalui tanya jawab menjelaskan unsur-unsur tabung.
3.      Guru menunjukkan model jaring-jaring tabung dari kertas karton dan melukis jaring-jaring tabung di papan tulis.
4.      Guru melalui tanya jawab menjelaskan cara menemukan rumus permukaan tabung.
5.      Guru memberi contoh soal dan penyelesainnya.
6.      Guru membagikan kertas tugas siswa.
7.      Guru meminta siswa mengerjakan tugas individu, yaitu membuat soal tentang luas permukaan tabung dan penyelesaiannya.
8.      Guru meminta beberapa siswa untuk mempresentasikan hasil pekerjaan dan meminta siswa lain menanggapi.
9.      Guru melengkapi hasil presentasi siswa.
10.  Guru meminta siswa mengumpulkan tugas.
Penutup
1.      Siswa membuat membuat rangkuman mengenai materi yang telah dipelajari hari ini, guru sebagai fasilitator.
2.      Guru memberi tugas rumah.
3.      Guru menginformasikan materi yang akan dipelajari pada pertemuan berikutnya.
Pertemuan 2 (2 JP)
Pendahuluan
1.      Guru mengucapkan salam kemudian berdoa dipimpin oleh guru.
2.      Guru mengecek kehadiran siswa. Bila ada siswa yang sakit didoakan supaya lekas sembuh, dan mengajak siswa bersama mensyukuri nikmat Tuhan berupa kesehatan dan lain-lain.
3.      Siswa diberi kesempatan untuk bertanya tentang kesulitan-kesulitan yang dialami ketika mengerjakan tugas rumah pada pertemuan sebelumnya.
4.      Guru menginformasikan tujuan yang akan dicapai selama pembelajaran yaitu:
a.       Menemukan rumus volume tabung.
b.      Menentukan volume suatu tabung.
c.       Menyelesaikan masalah sehari-hari yang berkaitan dengan penerapan konsep volume tabung.
5.      Guru mengingatkan kembali tentang rumus luas permukaan tabung.
6.      Guru menjelaskan manfaat mempelajari materi volume tabung  melalui tanya jawab tentang peristiwa sehari-hari yang berkaitan dengan materi ini, seperti bagaimana mengetahui volume (isi penuh) sebuah tangki yang berbentuk tabung?
7.      Guru menjelaskan kegiatan pembelajaran yang akan dilaksanakan pada hari ini, yaitu menggunakan model pembelajaran problem posing.
Inti
1.      Guru melalui tanya jawab menjelaskan cara menentukan rumus volume tabung..
2.      Guru memberi contoh soal dan penyelesaiannya.
3.      Guru membagikan kertas tugas siswa.
4.      Guru meminta siswa mengerjakan tugas individu, yaitu membuat soal tentangvolume tabung dan penyelesaiannya.
5.      Guru meminta beberapa siswa untuk mempresentasikan hasil pekerjaan dan meminta siswa lain menanggapi.
6.      Guru melengkapi hasil presentasi siswa.
7.      Guru meminta siswa mengumpulkan tugas.
Penutup
1.      Siswa membuat membuat rangkuman mengenai materi yang telah dipelajari hari ini, guru sebagai fasilitator.
2.      Guru memberi PR Latihan 5.1 (buku siswa halaman 280).
3.      Guru menginformasikan materi yang akan dipelajari pada pertemuan berikutnya.
J.   Penilaian
1.      Jenis/teknik penilaian: tes tertulis, pengamatan sikap, dan keterampilan.
2.      Bentuk instrumen dan instrumen: lembar tes tertulis berbentuk essay. Sikap dan Keterampilan siswa dinilai oleh guru selama proses pembelajaran.
No
KD
Indikator Pencapaian Kompetensi
Teknik Penilaian
1
3.7
3.7.1 Mengetahui definisi tabung.
Tes Lisan


3.7.2 Mengetahui jaring-jaring tabung.
Tes Tulis


3.7.3 Menentukan rumus permukaan tabung
Tes Lisan


3.7.4 Menentukan rumus volume tabung.
Tes Lisan
2
4.7
4.7.1 Menentukan luas permukaan suatu tabung.
Tes Tulis


4.7.2 Menentukan volume suatu tabung
Tes Tulis


4.7.3 Menyelesaikan masalah sehari-hari berdasarkan hasil pengamatan yang terkait dengan luas permukaan dan volume tabung.

Tes Tulis


Mengetahui,                                                      Konang, 15 Juli 2019
Kepala UPTD SMP Negeri 1 Konang             Guru Mata Pelajaran




Drs. ANANG ISKANDAR, MM.                   SUPENO, S.Pd., M.Pd.
NIP. 196102091982021002                             NIP. 1973091919980110


0 komentar:

Posting Komentar

PENILAIAN TENGAH SEMESTER GANJIL MATA PELAJARAN MATEMATIKA KELAS 9 TAHUN PELAJARAN 2021/2022

 Kerjakan Soal Berikut dengn Cermat !