RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Nama
Sekolah : UPTD SMP Negeri 1
Konang
Mata
Pelajaran : Matematika
Kelas/Semester
: IX/1
Materi
Pokok : Perpangkatan dan
Bentuk Akar
Alokasi
Waktu : 17 x 40 menit
A.
Kompetensi
Inti
KI-1. Menghargai dan menghayati ajaran agama yang
dianutnya.
KI-2.
Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli
(toleransi, gotong royong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara
efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan
keberadaannya.
KI-3.
Memahami dan menerapkan pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural)
berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni,
budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata.
KI-4.
Mengolah, menyaji, dan menalar dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai,
merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca,
menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah
dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori.
B.
Kompetensi
Dasar dan Indikator Pencapaian Kompetensi
Kompetensi
Dasar:
3.1 Menjelaskan dan melakukan operasi bilangan berpangkat
bilangan rasional dan bentuk akar, serta sifat-sifatnya.
4.1 Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan sifat-sifat operasi
bilangan berpangkat bulat dan bentuk akar.
Indikator
Pencapaian Kompetensi:
3.1.1 Menuliskan perkalian bilangan dalam bentuk
perpangkatan.
3.1.2 Menentukan hasil perpangkatan suatu bilangan.
3.1.3 Mengidentifikasi sifat perkalian pada perpangkatan.
3.1.4 Menentukan hasil kali dari perpangkatan dengan basis
yang sama.
3.1.5 Mengidentifikasi sifat pemangkatan pada perpangkatan.
3.1.6 Menentukan hasil pemangkatan dari perpangkatan dengan
basis yang sama.
3.1.7 Mengidentifikasi sifat perpangkatan dari perkalian
bilangan.
3.1.8 Menentukan hasil perpangkatan dari suatu perkalian
bilangan.
3.1.9 Mengidentifikasi sifat pembagian pada perpangkatan.
3.1.10 Menentukan hasil pembagian dari perpangkatan.
3.1.11 Mengidentifikasi sifat pangkat nol dan pangkat
negatif.
3.1.12 Menentukan hasil pangkat nol dan pangkat negatif.
3.1.13 Menyatakan hubungan antara bentuk akar dan
perpangkatan.
3.1.14 Menentukan akar pangkat n dari suatu bilangan.
3.1.15 Menyederhanakan bentuk akar.
3.1.16 Melakukan operasi bilangan real yang melibatkan
bentuk akar.
3.1.17 Menulis notasi ilmiah menjadi bentuk biasa.
3.1.18 Menulis notasi ilmiah dari
suatu bilangan.
4.1.1 Menyelesaikan masalah sehari-hari yang berkaitan
dengan penerapan konsep bilangan berpangkat.
4.1.2 Menyelesaikan masalah sehari-hari yang berkaitan
dengan penerapan konsep perkalian pada perpangkatan.
4.1.3 Menyelesaikan masalah sehari-hari yang berkaitan
dengan penerapan konsep pembagian pada perpangkatan.
4.1.4 Menyelesaikan masalah sehari-hari yang berkaitan
dengan penerapan konsep bentuk akar.
B. Tujuan Pembelajaran
Setelah mempelajari materi pada Bab I ini, siswa diharapkan
dapat:
3.1.1 Menuliskan perkalian bilangan dalam bentuk
perpangkatan.
3.1.2 Menentukan hasil perpangkatan suatu bilangan.
4.1.1 Menyelesaikan masalah sehari-hari yang berkaitan
dengan penerapan konsep bilangan berpangkat.
3.1.3 Mengidentifikasi sifat perkalian pada perpangkatan.
3.1.4 Menentukan hasil kali dari perpangkatan dengan basis
yang sama.
3.1.5 Mengidentifikasi sifat pemangkatan pada perpangkatan.
3.1.6 Menentukan hasil pemangkatan dari perpangkatan dengan
basis yang sama.
3.1.7 Mengidentifikasi sifat perpangkatan dari perkalian
bilangan.
3.1.8 Menentukan hasil perpangkatan dari suatu perkalian
bilangan.
4.1.2 Menyelesaikan masalah sehari-hari yang berkaitan
dengan penerapan konsep perkalian pada perpangkatan.
3.1.9 Mengidentifikasi sifat pembagian pada perpangkatan.
3.1.10 Menentukan hasil pembagian dari perpangkatan.
4.1.3 Menyelesaikan masalah sehari-hari yang berkaitan dengan
penerapan konsep pembagian pada perpangkatan.
3.1.11 Mengidentifikasi sifat pangkat nol dan pangkat
negatif.
3.1.12 Menentukan hasil pangkat nol dan pangkat negatif.
3.1.13 Menentukan akar pangkat n dari suatu bilangan.
3.1.14 Mengubah bentuk akar ke dalam perpangkatan.
3.1.15 Menyederhanakan bentuk akar.
3.1.16 Melakukan operasi aljabar yang melibatkan bentuk
akar.
4.1.4 Menyelesaikan masalah sehari-hari yang berkaitan
dengan penerapan konsep bentuk akar.
3.1.17 Menulis notasi ilmiah menjadi
bentuk biasa.
3.1.18 Menulis notasi ilmiah dari suatu bilangan.
C. Nilai Karakter
Mandiri, percaya diri, kejujuran, tanggungjawab,
kerjasama
D. Materi Pembelajaran:
|
Pertemuan ke
|
Materi
|
Jam Pelajaran
|
|
1
|
Bilangan Berpangkat
- Memahami konsep bilangan berpangkat
- Menggunakan notasi pangkat
- Latihan soal bab bilangan berpangkat
|
2 x 40 menit
|
|
2
|
Perkalian pada Perpangkatan
- Mengalikan dua perpangkatan dengan basis yang sama
- Memangkatkan suatu perpangkatan
- Memangkatkan suatu perkalian bilangan
- Latihan soal bab perkalian pada perpangkatan
|
3 x 40 menit
|
|
3
|
Pembagian pada Perpangkatan
- Pembagian pada perpangkatan
- Membandingkan volume
- Perpangkatan pada pecahan
- Latihan soal bab pembagian pada perpangkatan
|
2 x 40 menit
|
|
4
|
Pangkat Nol, Pangkat Negatif dan Bentuk Akar
- Bilangan real tak nol pangkat nol
- Bilangan real tak nol pangkat bulat negatif
- Bentuk akar
- Latihan soal bab pangkat nol, pangkat negatif dan bentuk
akar
|
3 x 40 menit
|
|
5
|
Notasi Ilmiah
- Menggunakan kalkulator dalam penulisan notasi ilmiah
- Penulisan notasi ilmiah
- Latihan soal bab notasi ilmiah
|
2 x 40 menit
|






0 komentar:
Posting Komentar